Home > Uncategorized > Sekelumit Tentang Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana

Sekelumit Tentang Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS MERCU BUANA

Learning, Doing for better future , menjadi kata kunci yang bisa menggambarkan aktivitas keseharian Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana. Dinamika kehidupan yang pesat, sering dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menumbuhkan kesadaran bagi civitas academika Fikom, untuk terus menerus belajar, bekerja yang terbaik demi masa depan yang lebih baik. Selain itu,  untuk tumbuh menjadi pengelola lembaga dengan pribadi yang tangguh, percaya diri, dan berkomitmen tinggi, maka Fikom menerapkan budaya keterbukaan untuk saran dan kritik, berbagi ilmu dan pengalaman serta eratnya system kolegial dalam menghadapi berbagai situasi. Di samping tentunya menerapkan budaya jujur, disiplin dan bertanggungjawab sesuai budaya kerja di Universitas Mercu Buana.



Prinsip-prinsip belajar, bekerja untuk masa depan yang lebih baik, sangat terkait erat dengan dinamika di bidang komunikasi baik sebagai ilmu dan profesi. Perubahan yang begitu cepatnya, membuat lembaga harus mampu dengan cepat pula mengubah diri untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada.  Sebagai contoh, ketika trend mahasiswa Jurnalistik mengalami penurunan, maka dilakukan perubahan nama konsentrasi/bidang studi menjadi Broadcasting yakni menyesuaikan  dengan munculnya media elektronik yakni radio dan televisi. Hasilnya, memang terjadi peningkatan jumlah mahasiswa Broadcasting, bahkan saat ini jumlahnya mayoritas dibanding bidang-bidang studi lain.


Begitu pula dengan Periklanan yang trendnya berubah menjadi perpaduan berbagai metode komunikasi untuk memberikan keuntungan maksimal pemasaran. Untuk itu, Bidang Studi Periklanan berubah nama menjadi Advertising & Marketing Communications. Hal itu juga dilakukan untuk Bidang Studi Humas (Hubungan masyarakat) menjadi Public Relations yang lebih focus pada stakeholder perusahaan. 


Era informasi yang meningkatkan dinamika komunikasi, kini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tak terbantahkan. Namun demikian, era baru pun menyusul yakni era kreatif atau era industry kreatif. Karenanya, tak ayal lagi, bidang komunikasi pun haruslah berbasis cara berpikir & berprilaku kreativitas untuk tetap eksis dan memenuhi tuntutan khalayak yang makin heterogen dan segmented   di pasar global. Menyosong era industry kreatif itulah, Fikom menghadirkan “putera bungsunya” yakni Bidang Studi Visual Communications yang makin mengembangkan dan memenuhi harapan industry dan masyarakat pada umumnya.


Berikut ini, kami menyampaikan keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi yang memiliki 4 Bidang Studi yakni Broadcasting, Public Relations, Advertising & Marketing dan Visual Communications .


Keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana:

  1. Banyak Dosen bergelar Doktor dan kandidat Doktor yang sangat mumpuni dalam keilmuan dan metodologi riset di bidang komunikasi.
  2. Kurikulum yang mampu menghasilkan kompetensi lulusan yang professional sesuai dengan kebutuhan industry juga mengembangkan kemampuan menjadi akademisi.
  3. Metoda pengajaran yang memudahkan peserta belajar memahami materi dg baik.
  4. Peluang untuk mengembangkan kemampuan leadership dan membentuk character building.



Keunggulan Bidang Studi Broadcasting, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana:

  1. Dosen-dosen akademisi dan praktisi yang dari berbagai stasiun televisi seperti RCTI, SCTV, TVRI, Metro TV, AN Teve, Daii TV dan berbagai Production house terkemuka.
  2. Peralatan penunjang proses belajar mengajar: studio TV, Fotografi, laboratorium multi media, editing, dengan peralatannya yang lengkap.
  3. Kurikulum berbasis kompetensi yang memungkinkan mahasiswa mampu menghasilkan karya-karya yang baik (produksi news, dokumentasi, features dll) kemampuan menjadi presenter, editor, camera man, reporter, produser, kemampuan mengelola tim, bernegosiasi, serta soft skill lain yang mendukung kinerja professional.
  4. Peluang untuk mengembangkan kemampuan professional melalui pembinaan khusus untuk dipersiapkan sebagai tim lomba karya ilmiah.



Keunggulan Bidang Studi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana:

  1. Dosen-dosen akademisi dan praktisi yang dari berbagai perusahaan seperti PR Consultan, Indosiar TV, MNC TV, PT Inco, dan lembaga pemerintahan antara lain Kominfo, Kemeterian Dalam Negeri, Kementerian Agama, BUMN: PT Telkom, PT KAI, ; LSM dan lembaga lainnya.
  2. Peralatan penunjang proses belajar mengajar: Lab. PR, Studio Fotografi, laboratorium multi media, dengan peralatannya yang lengkap.
  3. Kurikulum berbasis kompetensi yang memungkinkan mahasiswa mampu menghasilkan karya-karya yang baik (Media PR, Company Profile video’s dokumentasi, features dll) kemampuan menjadi MC, penulis, produser, kemampuan mengelola tim, bernegosiasi, serta soft skill lain yang mendukung kinerja professional.
  4. Peluang untuk mengembangkan kemampuan professional melalui pembinaan khusus untuk dipersiapkan sebagai tim lomba karya ilmiah.



Keunggulan Bidang Advertising & Marketing Communications, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana:

  1. Dosen-dosen akademisi dan praktisi yang dari berbagai perusahaan periklanan, stasiun televisi , Asosiasi profesi, Event Organizers, Konsultan Marketing Communications dan berbagai Production house terkemuka.
  2. Peralatan penunjang proses belajar mengajar: studio TV, Fotografi, laboratorium multi media, editing, computer grafis dengan peralatan lainnya yang lengkap.
  3. Kurikulum berbasis kompetensi yang memungkinkan mahasiswa mampu menghasilkan karya-karya yang baik (Iklan media cetak, audio visual, iklan luar ruang dan on line) kemampuan menjadi media planner, script writer, account excecutive, kemampuan mengelola tim, bernegosiasi, serta soft skill lain yang mendukung kinerja professional.
  4. Peluang untuk mengembangkan kemampuan professional melalui pembinaan khusus untuk dipersiapkan sebagai tim lomba karya ilmiah.



Keunggulan Bidang Studi Visual Communications, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana:

  1. Dosen-dosen akademisi dan praktisi yang dari berbagai perusahaan media (TV, Radio, Surat Kabar dan Majalah), biro periklanan, , dan berbagai Production house terkemuka.
  2. Peralatan penunjang proses belajar mengajar: lab. Gambar dan animasi, studio Fotografi, laboratorium multi media, dengan peralatannya yang lengkap.
  3. Kurikulum berbasis kompetensi yang memungkinkan mahasiswa mampu menghasilkan karya-karya yang baik (konsep desain acara/event, konsep desain pameran, konsep desain studio, membuat film animasi, pembuatan desain web,  dll) , kemampuan menjadi mengelola tim, bernegosiasi, serta soft skill lain yang mendukung kinerja professional.
  4. Peluang untuk mengembangkan kemampuan professional melalui pembinaan khusus untuk dipersiapkan sebagai tim lomba karya ilmiah.

Categories: Uncategorized
  1. Anonymous
    March 4, 2012 at 11:10 am

    salam sejahtera =) saya wakil pelajar program komunikasi, perhubungan awam, universiti malaysia sabah.
    kami ingin mengadakan lawatan ke universitas ini. mohon diberikan alamat email yang bisa kami hubungi. =)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: