Home > Uncategorized > PROGRAM STUDI: STUDI PUBLIC RELATIONS

PROGRAM STUDI: STUDI PUBLIC RELATIONS

VISI
Mewujudkan Fikom sebagai lembaga pendidikan di bidang ilmu komunikasi yang unggul dan bermutu dalam proses penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga profesional berjiwa wirausaha yang mampu menguasai Teknologi Informasi, mampu berbahasa Inggris, dan memiliki pemahaman etika profesi serta berpijak pada pengembangan wawasan dan budaya lokal serta kearifan lokal.
MISI
1.             Menyelenggarakan   Tri    Dharma    pendidikan    komunikasi   dibidang Public Relations yang memiliki kemampuan dalam mengelola dan menganalisis; program komunikasi, membangun relationship dan reputations, krisis organisasi, kemampuan analitis, merancang dan mengelola media-media PR, mampu pemanfaatan teknologi informasi serta menggunakan bahasa Inggris.
2.             Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha dan sikap mental positif serta perilaku beretika.
3.             Mengembangkan wawasan dan kajian budaya lokal/kearifan lokal.
4.  Melakukan kegiatan penelitian, kajian, pengembangan dan pengabdian masyarakat  dengan memberikan wawasan, pengetahuan dan teknik-teknik komunikasi menggunakan pendekatan PR yang melibatkan mahasiswa.
5.             Melakukan tranfer knowledge, skill, dan etika profesi PR melalui kajian ilmiah dan pelatihan dalam membangun kemampuan profesional.
Tujuan umum

Pendidikan Strata 1 program studi Ilmu Komunikasi bidang studi Public Relations secara umum mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang :
1.    Berjiwa   Pancasila,   memiliki wawasan kebangsaan, memiliki   integritas   (kesamaan   antara   pikiran,   perkataan   dan perbuatan,   kejujuran   serta   komitmen),   serta   menerapkan   etika   profesi   dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab dalam dunia kerja khususnya dan masyarakat pada umumnya.
2.    Memiliki pengetahuan dan kemampuan sebagai komunikator/fasilitator/mediator, serta inovator/kreator di bidang komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi serta menggunakan bahasa Inggris.
3.    Memiliki   pengetahuan,   kemampuan   serta   sikap   kerja  yang   gigih           (tidak  mudah menyerah), tuntas, membangun kerjasama tim,    untuk mengelola dan memproduksi program-program    komunikasi    dengan    mengembangkan    wawasan dan kajian budaya/kearifan lokal.
4.    Memiliki   pengetahuan   dan   kemampuan   berfikir   analitis,   kritis   untuk   melakukan kajian/penelitian dalam bidang komunikasi dalam rangka memperkaya/ mengembangkan teori, metode dan model komunikasi.
5.    Memiliki : jiwa entrepreneurship, sifat terbuka, kreatif, inovatif dan adaptif,    dan keinginan untuk belajar sepanjang hayat, di bidang komunikasi
6.    Memiliki kemampuan akademik yang baik untuk meneruskan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi (Strata – 2 dan Strata – 3) di bidang Ilmu Komunikasi.
Tujuan Bidang Studi Public Relations
a.  Tujuan Khusus
Tujuan khusus bidang studi Public Relations menghasilkan lulusan bidang studi Public Relations yang memiliki kemampuan :
1.         Sebagai komunikator dan fasilitator/mediator organisasi dengan publik internal dan eksternal.
2.         Mengidentifikasi permasalahan, merancang, mengelola dan mengevaluasi program komunikasi organisasi/membangun dan mempertahankan reputasi positif organisasi .
3.         Membangun, mengembangkan dan  mengelola  materi  budaya dan  kearifan  lokal sebagai materi untuk membangun reputasi positif organisasi.
4.         Mengidentifikasi dan mengelola krisis organisasi serta mencari jalan terbaik dalam rangka membangun reputasi positif organisasi dan brand organisasi/produk dengan
memperhatikan tanggungjawab organisasi kepada publik.
5.         Memanfaatkan   teknologi   informasi,   berbahasa   Inggris,   berjiwa   wirausaha   dan menerapkan etika profesi.
6.         Menulis dan memproduksi materi informasi organisasi untuk media cetak, audio dan audio visual serta web.
7.         Mengembangkan leadership dan sikap-sikap positif dalam komunikasi antar pribadi, serta  kelompok    dalam rangka  mempersuasi, melobby serta  bernegosiasi untuk membangun/mengelola reputasi baik bagi organisasi.
8.         Menangkap, mengkaji dan menganalisis fenomena masyarakat untuk penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan atau untuk memperoleh umpan balik organisasi dalam rangka pengembangan isu sebagai dasar pengambilan kebijakan organisasi.
9.    Mengidentifikasikan   dan   mengelola   konteks   budaya   dan   kearifan   lokal   untuk didiskusikan dalam semua program komunikasi organisasi.
b.  Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan sarjana strata satu (S-l) bidang studi Public Relations adalah memiliki:
Kompetensi Utama:
1.    Memiliki   kemampuan   untuk   menjalankan   fungsi   dan   tanggungjawab   sebagai komunikator/mediator/fasilitator organisasi yang efektif sebagai Corporate Public Relations. Konsultan PR dan Marketing PR.
2.         Memiliki   kemampuan   mengkaji   dan   menganalisis   fenomena   masyarakat   serta membuat agenda isu organisasi serta memperoleh umpan balik dan mengevaluasi dampak program komunikasi organisasi.
3.         Memiliki kemampuan manajerial dan leadership dalam mengelola team, krisis, human relations dengan stakeholders, agenda isu, dan program/event komunikasi organisasi.
4.         Memiliki kemampuan mempersuasi, melobby dan bernegosiasi serta berdiplomasi
5.         Memiliki   wawasan   luas  dalam   konteks   organisasi   dan   permasalahannya   serta wawasan budaya lokal/kearifan lokal.
Kompetensi Penunjang :
1.         Mampu menerapkan etika profesi serta etika UMB dalam sikap dan perilaku.
2.    Memiliki kemampuan technical communication  untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi  (seperti  kemampuan  menulis,  membuat foto/materi  dokumentasi dan memproduksi materi informasi organisasi melalui media cetak, audio dan audio visual dengan memanfaatkan teknologi informasi serta penggunaan bahasa Inggris).


3.         Kemampuan mengolah data penelitian dengan  menggunakan komputer (pengolahan data statistik).
4.         Kemampuan bekerja sama dan membangun team work, bekerja serta tuntas, gigih (pantang menyerah) serta mengembangkan jiwa enterprenuer.
Kompetensi Lainnya :
1.         Kemampuan berpikir logis, sistimatis, analitis, kritis, adaptif, kreatif, inovatif, percaya diri, emphati, pribadi positif, terbuka dan menyenangkan.
2.    Wawasan tentang teknik desain.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: